Semangat Gowes ITS

semangat gowes itsInstitut Teknologi Surabaya atau biasa di sebut ITS ini selalu ingin menjadi nomor satu dalam perkembangan dan kemajuan, seperti artikel yang satu ini, Kita bisa ikut menengok soal gowes di dunia ITS.

Kampus yang memiliki luas sekitar 180 hektare itu cukup hijau karena disana sini terdapat pepohonan yang rindang. Salah satu shelter sepeda yang disediakan kampus tampak di salah satu sudut gedung rektorat.

“Sepeda kampus yang kami miliki ada sekitar lima ratusan unit di antaranya sumbangan dari para alumni ITS,” papar Yudha Prasetyawan, dosen sekaligus Sekretaris Pusat Inkubator Industri (BKIBV)
Ternyata , biasanya yang menggunakan fasilitas sepeda di kampus ini ialah mahasiswa asing yang sedang menuntut ilmu di ITS, keren kan?

Di shelter rektorat tampak jejeran sepeda untuk para goweser di parkir dengan rapih. Barangkali karena saat itu hari Sabtu, dimana jadwal perkuliahan sedang libur, tak terlihat yang menggowes sepeda. Di tempat parkir itu tertulis ‘Parkir Sepeda Umum’ dan ‘Parkir Sepeda Dinas’.

Namun jangan salah, yang bleh menggunakan sepeda kampus hanyalah mahasiswa, dosen, dan staf ITS yang dapat dibuktikan dengan kartu tanda anggota. Cara meminjamnya, tinggal menunjukkan kartu anggota kepada petugas penampungan. Setelah itu, Sepeda Kampus hanya digunakan di jalur sepeda yang telah disediakan oleh ITS. Setiap satu sepeda hanya untuk satu orang.

Dalam aturan main yang digariskan juga disebutkan bahwa sepeda harus diparkir dan kembali di titik penampungan. Sedangkan jam layanan dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Program ‘Kampus bersepeda’ untuk mendukung budaya bersepeda di lingkungan kampus dan mengurangi polusi kendaraan bermotor,” kata Rektor ITS Tri Yogi Yuwono saat meluncurkan program, emang cocok buat wara wiri dan beraktivitas saat di kampus.