Menu

Jurnal Lengkap Haruka JKT48 gowes Jakarta-Surabaya [Updated]

Pada tahu kan JKT48, ya sister group dari AKB48, nah salah satu personilnya kan ada nih yang orang Jepang namanya Haruka 24th, kalau ada yang masih belum tahu, doi adalah salah satu member dari AKB48 yang ditransfer ke JKT48 tahun 2012, kalau masih aja ngga kenal, buruan beli TV! Hahaha. Setelah mengumumkan kelulusannya pada tahun 2016 Haruka ingin membuat gebrakan, menjadi legend sebelum meninggalkan JKT48. Setelah bernegosiasi dengan pihak management, keinginan gadis 24th yang pernah operasi pita suara ini terpenuhi, yaitu bersepeda sepanjang 800km, Jakarta-Surabaya yang kata penyelenggara akan dibagi menjadi 11 etape, WOW Gendeng kan?! berarti minimal 72km per etapenya, bayangin, seorang cewe bersepeda dipantura, panas, belum lagi hujan dan yang gak kalah menantangnya adalah harus berada diantara truk truk besar dan bus, hmmm padahal image mereka (JKT48) itu unyu-unyu, manis, cantik, ga nyangka punya tekad (kalau ga mau disebut nekat sih hehe) dan keberanian sebesar itu, Mas Min saja maksimal gowes 25km itu aja berhenti 3 kali buat minum kopi, makan dan es teh, hahahaha. Ia mengungkapkan bahwa ia ingin dikenang oleh orang Indonesia dan ingin menginspirasi para member JKT48 agar berani mencoba, sebenarnya dia pun deg-degan dan takut tapi dia sendiri harus membuktikan apa yang ia ucapkan, berani mencoba. Selain itu, yang tak kalah pentingnya ia ingin menyapa dan bertemu para penggemar disepanjang jalan jakarta-surabaya. Perjalanannya kali ini juga dalam rangka konser JKT48 disurabaya yang dihelat pada tanggal 3 Juni 2016.

Mas Min ikuti hanya beberapa hari sebelum hari H, ia Haruka bercerita lewat twitternya bahwa sudah latihan gowes 25 km dan 20 km pada hari berikutnya. Acara pelepasan sekaligus press conference diadakan senin lalu 23 Mei 2016, yang didatangi oleh para wota atau fans haruka. Pada Press con tersebut haruka juga menuturkan “Bawa obat-obatan, trus juga coklat, juga bawa snack, biar nyaman aja sih” sambil tersenyum malu malu.

haruka-jkt48-pelepasan-press-con acara-pelepasan-haruka-jkt48

Dari penampilan sepeda Haruka sih tipe mountain bike, dengan ban agak halus tapi bukan yang spesialis buat olahraga layaknya tour de france, yang memang khusus untuk olahraga bersepeda di jalan raya atau beraspal. Kalau buat pemerhati olahraga sepeda sih mungkin kurang tepat, karena akan menguras tenaga lebih dari yang seharusnya, tapi mungkin itu nyaman bagi Haruka, namanya juga anak-anak :P, hahahaha, tapi jangan salah, tingkah laku boleh anak-anak, tapi kemauan, dan tekad kayak orang tua yang berjuang untuk anak-anaknya :).

pelepasan-haruka-jkt48

Pelepasan dilakukan sekitar pukul 8 pagi dengan tiupan terompet dan pita2. Etape pertama adalah Pamanukan, selanjutnya adalah cirebon, berikut rute yang bakal dilewati si cantik Haruka.

rute-haruka-jkt48-surabaya-jakarta

Dukungan dari kita sangat diperlukan agar Haruka lebih semangat gowesnya, pihak sponsor dan management JKT48 bekerjasama untuk menggalang dukungan untuk menyemangati Haruka diantaranya adalah hastags #goIONgoharuka ditwitter facebook dan instagram, yang sampai detik ini masih berada di 10 besar trending topik twitter di Indonesia, mudah-mudahan usaha keras semua pihak terutama Haruka akan menjadikan tekad Haruka ini menjadi trend yang hangat dibicarakan dimanapun, bahkan orang yang tak mengidolakan JKT48 sekalipun seperti Mas Min, salut buat Haruka. Oke lanjut,

haruka-jkt48-buaran haruka-jkt48-gowes-2016

Dan meski hujan turun, tak menyurutkan niat Haruka untuk gowes

haruka-jkt48-hujan

DAY 1 Jurnal Sepeda Haruka to Pamanukan

Kurang lebih sore hari sekitar pukul 4, Haruka sudah sampai dengan sangat lelah di Pamanukan, dan ini adalah etape pertama Haruka, berikut ada beberapa video betapa lelahnya haruka dan pencapaian di hari pertama yang telah menempuh jarak sekitar 52km

Namanya Haruka ya, yang ia senangi adalah, MAKAN, jadi nyampai Pamanukan langsung deh…

DAY 1 Jurnal Sepeda Haruka to Cirebon

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Di hari kedua ini nampaknya Haruka lebih jauh gowesnya dari hari pertama, Pamanukan ke cirebon, disela-sela perjalanan haruka harus berada diterik matahari dan truk-truk pengangkut besar.

day-2-goiongoharuka-jkt48 haruka-jkt48-day2

Ditengah perjalanan kerap kali member JKT48 lain menyemangati lewat video call, diantaranya Melody, shania dan member lain, juga ada beberapa fans yang sengaja menunggu haruka dirute perjalanan, atau yang sedang pergi kesekolah, semua tahu dan mendukung Haruka, sehingga semangatnya makin menggebu, juga dukungan hastag #goIONgoharuka yang sudah mencapai 20k. Ditengah perjalanan sempet-sempetnya haruka kenalan sama anak kecil, ngerasa kalah lucu kali dia, jadi penasaran berkenalan, hahahaha, ada juga yang unik, ada seorang fans yang dia tuh nunggu dipinggir jalan sendirian panas-panas sambil membawa kertas karton yang bertuliskan haruka sebagai penyemangat, wah kira-kira berapa lama ya dia nunggu, sambil bawa tas tuh, kayanya sih dari semalem, hmmm, mungkin isi tasnya itu pakaian dan perlengkapan, jadi sebelum dilihat haruka mandi dulu di mesjid terdekat, hahaha, just kiddin mas, tapi salut-salut!

Sampai dicirebon tak lupa ia kembali berkuliner ria, dengan cerianya, wkwkwk haruka haruka

DAY 3 Jurnal Sepeda Haruka to Pekalongan

Wah wah rupa rupanya fans di cirebon banyak yang datang ke hotel tempat Haruka istirahat, untuk nyemangatin hari ke-3 menuju pekalongan
fans-jkt48-cirebon

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Dan di hari ke tiga ini sepanjang perjalanan makin banyak wota JKT48 atau wota Haruka Nakagawa dijalan-jalan

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Nah kan jaraknya lebih jauh dari hari sebelumnya, dan lebih capek dari sebelumnya, kayanya doi udah mulai bosan nih, wkwkwkw, “Hari ini lumayan capek, pengen buang sepeda, tapi bisa sampai pekalongan” ujarnya di twiter pribadinya, nah kan, kamu uda nemu pattern atau polanya, makanya sedikit dihampiri bosan, tapi eh ternyata ia masih semangat loh, berkat dukungan para wota dijalan “Tadi banyak yang semangatin aku di antara jalan ke Pekalongan 😝aku senang banget😁😁😁😁makasih yaa!” katanya. Meski begitu, namanya Haruka, kayanya ngga mungkin kalau ngga ceria, ditengah jalan sempet-sempetnya dia malah nyemangati ibu-ibu petani yang hendak pergi ke ladang dengan sepeda, wkwkwkwk.

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Daaaaan tentu saja, menu makanan tak ketinggalan, kali ini SOTO AYAM PEKALONGAN, beh… -_- bikin Mas Min Baper (Bakal Laper).

DAY 4 Jurnal Sepeda Haruka to Semarang

Pada hari ke 4 Haruka akan menempuh perjalanan di etape ke-4 yaitu menuju Semarang, ternyata fans di Pekalongan ngga kalah seru loh, ini bikin Haruka tetap semangat.

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

wota-pekalongan-haruka-bersepeda

Pada hari ke 4 ini medan yang dihadapi Haruka makin berat, karena ada tanjakan, salah satunya di Ujung Negoro, Haruka tampak kelelahan kemudian didorong oleh official. Pada saat team beristirahat doi nyempetin makan ice cream dan ngadem dalem mobil, nah ini nih, yang suka buat orang-orang pada nyinyir, nanar, hahaha apa sih min, iya, sinis karena haruka terlihat didalam mobil, mas min mau sampein, logikanya, kalau kita sendiri sedang bersepeda nih panas banget dan ada temen yang rela nemenin pake mobil, pas istirahat mana yang lebih kalian pilih ? istirahat dibawah pohon ? iya kalau ada pohon besar dengan rumput hijau dan angin sepoi-sepoi, nah ini pantura men, jarang banget ada pohon gede dipinggir jalan, ada juga dibawahnya dibuat lapak orang jualan, logika paling masuk adalah istirahat dalem mobil, nyalain AC mobil ngga perlu sambil jalan, asal mesin hidup aja udah bisa dinyalakan AC nya, meski Mas Min belum pernah punya mobil tapi ngga gitu-gitu amat udiknya hahahaha. Kembali ke si eneng gesrek, dia juga sempat video call dengan para member JKT48, diantaranya melody,

Semangat Haruka pun kembali dan ketika sampai di alun-alun Kendal, ia bahkan nyempetin foto sama para fans, wah hebat ya, masih senyum manis aja si Haruka.

semangat-fans-senyum-manis-haruka

Dan sekitar pukul setengah lima sore ia sampai di simpang lima semarang, yeeee!!! (wkwkwk alay amat min)

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Para fans ternyata sudah menantikan datangnya sang idola, para wota asal semarang sudah menyambut dengan hangat. Haruka di akun instagramnya juga memberikan pesan

A video posted by JKT48 (@_officialjkt48) on

Dari hari 1-3 ada yang berbeda dari Haruka, ia sudah ngga begitu antusias dengan makan, karena mungkin sangat capek, lewati rute turun naik, memang sih kalau dilihat dari peta, rute antara pekalongan ke semarang termasuk dataran tinggi.

Bersambung yak disini nih, Jurnal Sepeda Haruka Rute Baru Lewat SOLO [Updated]