Menu

Keselamatan Dan Helm

3 Januari 2015 | Tips

helm mantaaapPeneliti Dr Elvik mengatakan, keselamatan helm hanya mengurangi cidera dibagian kepala sampai 43% saja. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyebutkan kecelakaan dibagian kepala dapat terlindung sampai 60% dengan menggunakan helm sepeda.

Menurut Dr Elvik helm sepeda tidak melindungi semua bagian yang mungkin cidera. Misalnya bagian leher, muka dan bagian kepala lainnya bisa cidera. Helm sepeda tidak mampu melindungi seluruh bagian kepala pengendara.

Professor Alistair Woodward dari universitas Auckland membenarkan bahwa penelitian Dr Elvik tidak bertentangan dengan penelitian sebelumnya atas manfaat helm untuk melindungi bagian kepala. Helm sepeda memiliki separuh perlindungan dibagian kepala dan bagian leher tetap bisa saja mengalami cidera. Tetapi kondisi leher tertekuk memiliki persentasi jauh lebih kecil.

Jika melihat dari data penelitian yang ada, meskipun kurang dari separuh cidera kepala dapat diminimalisir menggunakan helm sepeda, tetapi hal tersebut lebih baik daripada kita tidak menggunakan helm sama sekali. Hal yang paling pokok dalam bersepeda sebenarnya adalah penguasaan medan dan teknik bersepeda, sehingga resiko terjadi kecelakaan bisa diminimalisir. Andai terjadi kecelakaan dan terjatuh dari sepeda, biarkan helm ikut membantu mengamankan.

Yakinlah bahwa helm hanya sebagai alat bantu pengaman, seberapapun hebatnya alat bantu pengaman, tidak akan bisa menjamin 100% keselamatan rider.