Info Gowes

sepeda fixie, MTB, sepeda gunung, sepeda balap, BMX, sepeda cruiser, low rider

Menu

Bermain Fixie Dengan Aman

25 Agustus 2011 | Sepeda Fixed Gear Fixie, Tips

Bermain Fixie

Tips aman bermain fixie. Sepertinya kata2 ini yang lagi diuber sama para Goweser dan Gowesist yang lagi menggandrungi sepeda fixie. Seperti namanya, sepeda fixie atau fixed gear adalah sepeda dengan satu kecepatan tanpa gigi dinamis yang biasa digunakan pembalap trek di Velodrome.

Tips Aman Bermain Fixie

Beberapa tahun terakhir, sepeda fixie populer karena berdesain ramping, unik, muda, ceria, cepat dan bebas perawatan. Mengendarai sepeda fixie, khususnya saat melakukan pengereman untuk menghentikan laju sepeda, membutuhkan latihan tertentu karena memiliki rem yang berbeda.

*) Pertama
Kendarai sepeda di area yang aman misalnya tempat parkir dengan permukaan halus atau jalanan aspal yang terbuka dan tidak banyak kendaraan lalu lalang. Jangan lupa gunakan helm sepeda demi keamanan. Karena aktifitas ini memungkinkan Goweser atau Gowesist jatuh beberapa kali.

*) Kedua
Pastikan sepeda fixie mu memiliki pedal sepeda yang bertali atau biasa disebut pedal clipless atau twoclips. Usahakan mengendarai sepeda fixie dengan kaki yang gampang lepas dari pedal sama seperti memanjat tebing tanpa harness. Karena Goweser akan mengalami rawan kecelakaan.

*) Ketiga
Mulailah mengendarai sepeda fixie dengan kecepatan rendah dan letakkan kaki di tali pedal atau pedal clipless. Ingat, mulai dengan kecepatan rendah saja.

*) Keempat
Jika dirasa sudah mulai terlatih dan hafal cara pengereman nya, tentukan kecepatan dengan baik saat melintasi jalur.

Bila Goweser sudah siap untuk melakukan pengereman, geser berat badan Goweser ke depan sepeda di atas roda depan serta dorong pedal pada arah belakang (arah yang berlawanan dengan kedua kaki Goweser saat menggowes sepeda). Berhati-hatilah agar tidak kehilangan keseimbangan. Jika Goweser sudah siap untuk bergerak lagi, arahkan pedal ke depan seperti aktifitas gowes biasa.

Yang terakhir dan ini cukup penting, lakukan manuver berulang kali untuk melatih sensor motorik Goweser dan Gowesist saat bersepeda. Saat berlatih, coba untuk secara bertahap memindahkan berat badan ke belakang. Semakin jauh Goweser bersandar maka semakin cepat pula sepeda fixie itu berhenti. Selamat mencoba…
Salam Gowes!!

Related For Bermain Fixie Dengan Aman